8 Cara Menyembuhkan Mata Minus Dengan Mudah dan Alami

Mata minus atau rabun jauh adalah kelainan pada mata yang tidak mampu melihat melihat dengan baik benda atau objek dengan jarak yang jauh. Mungkin saat ini anda juga tengah mengalaminya, dan merasa sangat tidak nyaman serta ingin menyembuhkan mata minus tersebut dengan cara alami. Mengapa mata minus dapat terjadi?

Penyebab Mata Minus

Banyak penelitian mengatakan bahwa masyarakat kota lebih banyak resiko mengalami kelainan pada mata seperti mata minus dari pada masyarakat pedesaan. Hal ini terjadi karena pada umumnya masyarakat kota banyak menghabiskan waktunya di tempat atau kegiatan dengan jarak pandang yang tidak jauh, seperti membaca buku di ruang yang sempit dan pencahayaan kurang atau berselancar di dunia maya dengan durasi yang lama. Hal ini akan menyebabkan otot mata yang mengatur fokus mata lama-kelamaan akan terbiasa dengan kondisi seperti itu. Nah, pada saat melihat objek yang jauh, mata tidak mendapatkan fokus yang baik karena sudah terbiasa melihat objek dengan jarak yang dekat.

Hal lainnya yang dapat dikatakan sebagai penyebabkan mata minus adalah terlalu banyak menonton televisi dengan jarak yang dekat, jarang bersentuan dengan sinar mataari, konsumsi gula yang berlebihan, dan sering bekerja menggunakan komputer dengan monitor yang buruk.

Apakah mata minus dapat diobati? Banyak sumber yang mengatakan bahwa mata minus dapat disembuhkan, bahkan tanpa kacamata pun mata minus dapat disembuhkan. Lalu bagaimana cara menyembuhkan mata minus secara alami?

Menyembuhkan Mata Minus


Sebenarnya ada banyak cara menyembuhkan mata minus, seperti dengan senam mata atau operasi lasik. Berhubung banyak orang yang tidak punya banyak waktu untuk sekedar senam mata, atau orang yang takut untuk operasi, berikut ini beberapa cara mengurangi mata minus secara alami:
  • Lepaskan kacamata jika dirasa kurang diperlukan, seperti berada di ruangan yang sempit. Lakukan hal ini jika anda masih dapat melihat dengan jelas walau tanpa kacamata.
  • Latih mata untuk melihat objek yang jauh tanpa memakai kacamata. Sebagai contoh, anda dapat pergi ke sawah atau pantai karena tempat-tempat tersebut memiliki sudut pandang yang jauh dan luas.
  • Latih mata untuk melihat benda yang bergerak. Sebagai contoh, saat anda berada di jalan raya, amatilah motor yang berlalu lalang di depan anda. Telusuri dan perhatikan tiap gerakannya, usahakan bayangan yang terbentuk adalah utuh.
  • Mengobati mata minus dengan terapi daun sirih. Daun sirih dapat membantu menyembuhkan mata minus dengan cara alami. Caranya juga mudah, bersihkan daun sirih dan tempelkan di kelopak mata saat anda tidur. Lakukan terapi ini secara rutin.
  • Apabila anda bekerja menggunakan komputer, pastikan monitor anda bekerja dengan baik. Selain itu, setiap 30 menit melihat monitor komputer yang menyala, anda harus melihat objek lain seperti keyboard, atau memandang ke luar jendela.
  • Terapi lilin. Lilin juga memiliki manfaat untuk membantu mengurangi tingkat minus mata anda. Caranya sederhana, nyalakan lilin tersebut dan tatap lilin tersebut tanpa banyak berkedip. Usahakan jangan terlalu sering berkedip sampai banyak air mata yang keluar. Terapi lilin ini sederhana, namun cukup ampuh untuk mengurangi mata minus apabila dilakukan secara rutin.
  • Bersihkan mata secara rutin, bisa menggunakan tetes mata.
  • Memakai kacamata saat berkendara. Hal ini bertujuan agar mata anda tidak bersentuhan langsung dengan debu.

Untuk anda yang tengah mengalami mata minus sehingga mengganggu aktivitas anda sehari-harinya, silahkan dicoba cara menyembuhkan mata minus secara alami tanpa operasi seperti diatas.


Demikianlah 8 Cara Menyembuhkan Mata Minus Dengan Mudah dan Alami Mudah - mudah bermanfaat buat sahabat sekalian.


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan GRATIS via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di tanpaspasi.com
Bagikan Artikel Ini :

+ komentar + 243 komentar

May 27, 2013 at 8:08 PM

oke akan saya coba :)
thanks:)

June 7, 2013 at 2:34 PM

thanks infonya ^_^

June 12, 2013 at 6:15 AM

terapi lilin x itu dalam keadaan gelap atau terang ????

June 12, 2013 at 7:08 AM

@Boy Riski Lebih efektif dalam keadaan gelap gan, selamat mencoba!

June 12, 2013 at 7:09 AM

@silma nuril j sama - sama gan

June 12, 2013 at 7:09 AM

@Fernandy OriginzZz sama sama gan

June 13, 2013 at 6:33 PM

Itu yang ke tiga , apa maksudnya ?

June 14, 2013 at 9:15 AM

@ivanjhiemaksudnya kita melatih mata kita untuk melihat benda2 bergerak, namun tetap fokus pada objek tertentu, sehingga nantinya pandangan mata kita tidak nge-blur lagi

June 16, 2013 at 7:10 PM

Gan ini bener ga ?

June 17, 2013 at 7:42 AM

@faik helmi namanya usaha gan, gak ada salahnya di coba, hehe..

June 18, 2013 at 7:31 PM

makasih gan.. Saya coba deh

June 18, 2013 at 9:50 PM

Tapi udah ada yang nyoba dan berhasil ga ?

June 19, 2013 at 1:02 AM

Info yg Bermanfaat , thx

June 19, 2013 at 6:39 AM

@nabilah sayidatu sama sama gan :)

June 19, 2013 at 6:40 AM

@faik helmi di coba dulu aja gan, hehe.. gratis ini..

June 19, 2013 at 6:41 AM

@freeklik Sama2... :)

June 20, 2013 at 12:13 AM

Bolehboleh
╔══╦═╦═╦══╦═╦═╦╦╦╗
║║║║║║║╠╗╔╣║║║║║║║
║║║║╦║║║║║║╦║╔╬╬╬╣
╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝╚╩╩╝
Infonya,
.╔══╗═════╔╗═════.
.╚╗╔╬═╦═╦═╣╠╦╦╦╦╗.
.═║║║╩╣║║╬║═╣║║║║.
.═╚╝╚═╩╩╬╗╠╩╬╗╠═╝.
.═══════╚═╝═╚═╝══.
Gan...

June 20, 2013 at 11:43 AM

@dody julyadi sama2 juragan... :-)

June 21, 2013 at 1:51 AM

Tapi ati2 gan' obat mata-nya dipake klo mata terasa kotor aja' jangan jadi rutinitas' soalnya di kotak obat tetes mata kan ada peringatan agar jangan dipake setiap hari'

June 21, 2013 at 6:41 AM

sip gan

June 23, 2013 at 10:50 AM

sip sip

June 24, 2013 at 12:14 AM

Kalo lilin diganti lampu boleh?

June 24, 2013 at 7:15 AM

@Alicia Monica Keiyo saya rasa gk bisa gan, karena cahaya lilin mengandung efek terapi, beda dengan lampu biasa.

June 24, 2013 at 12:51 PM

Terapi lilinnya waktunya brpa lama y ?? Thanks..

June 24, 2013 at 1:38 PM

@Nana Cen untuk waktunya gk di tentukan, cukup di lakukan secara teratur, mis. 10-30 menit/hari, atau bisa lebih, sesuai keinginan, yg penting teratur, :)

June 24, 2013 at 5:55 PM

tetes matanya pakai merek apa ???

June 25, 2013 at 7:41 AM

@Unision Raid Sstt.. gk boleh sebut merek, hehe.. apa aja, yang penting udah terbukti dan teruji kualitasnya,

June 25, 2013 at 7:42 AM

@Unision Raid dan jangan sering2 di pakai, seperlunya saja,

June 25, 2013 at 12:01 PM

Oh, begitu y..
Dan bgaimana dgn Daun Sirih apa manjur juga ??? Thanks..

June 25, 2013 at 5:04 PM

Berhasil tapi, efek daun sirih nya ga berfungsi , hanya terapi lilin dan melatih mata melihat benda benda bergerak dijalanan yang cepet berhasil, tapi saya sarankan terapi lilin harus banyak minum air ,saya berhasil dalam 2 minggu 1 hari ,mata saya sekarang agak agak bisa lihat jauh , THANKS

June 25, 2013 at 5:07 PM

Terapi lilin sambil denger musik juga ok

June 25, 2013 at 6:02 PM

Klo melihat benda bergerak dijalanan bgusnya harus lepas kc mata or tetap pakai kc mta ??
Sy klo lepas kc mta agak kurg jlas..
Thanks..

June 25, 2013 at 9:11 PM

Kalau jalanan mu berdebu pake tapi kalau yg normal atau jalanan mu tidak begitu berdebu lepas, minus saya 400 keatas jadi saya hanya bisa ngeliat warna saja ,lama kelamaan sembuh ko kalo usaha , saya punya tips yg baik : 1.Ngeliat benda bergerak dijalan sambil duduk 2.Sambil Buka Musik kesukaan pun boleh tapi kalau tetangga anda tidak terganggu
3.lebih asikan si kalao ada pepohonan ya bisa lihat ada apa yg bergeerak ,kenapa demikian ?karena daun hijau pohon.mempunyai zat yg dapat menyembuhkan mta anda mau (+)atau (-)

June 26, 2013 at 7:05 AM

@Stevanus Reinaldo Selamat Bro..

June 26, 2013 at 8:56 AM

Sama sama

July 1, 2013 at 10:47 PM

mataku kok selalu neluarin air kenapa ya...?

July 4, 2013 at 11:06 PM

terapi lilin harus buka kacamatanya gk kk???

July 5, 2013 at 10:53 AM

@abdul arif harus di buka gan, semoga sukses!

July 5, 2013 at 10:55 AM

@ade arian liat jawabannya di sini gan

July 5, 2013 at 10:57 AM

@abdul arif harus buka kaca mata gan

July 5, 2013 at 11:16 AM

no 5 harus buka kacamata:)?

July 5, 2013 at 11:21 AM

@dini untuk melatih mata agar dapat fokus, sebaiknya di lepas

July 10, 2013 at 10:28 PM

point ketiga belajar pakek mata sharinggan nih hehe
makasih infonya..

July 15, 2013 at 3:06 PM

jarak mata dg lilin kira2 brpa bro..??

July 17, 2013 at 2:43 PM

@dayat toblegh kira2 1 - 1,5m gan

July 17, 2013 at 2:43 PM

@Andrie Kurniawan Alhamdulillah sudah ada,

July 18, 2013 at 1:43 AM

Terimakasih telah berbagi tips kesehatan bermanfaat bangets klo sempat berkunjung di blog kami ya.. cerita dewasa kimcil , Cerita Hot Dewasa by: pembesarpenispria.net dan Obat Pelangsing badanTubuh

July 19, 2013 at 2:24 PM

pake lilin gw juga tapi pusing

July 19, 2013 at 2:26 PM

sekarang gw mau nyoba pake daun sirih

July 21, 2013 at 9:38 AM

makasiih gan .. kapan2 saya coba

July 24, 2013 at 8:17 AM

@Ina Santtika Terima kasih udah mau mampir gan.. :-)

July 24, 2013 at 8:18 AM

@Taftazani Angga Saputra Tetep semangat gan!

July 24, 2013 at 8:18 AM
July 24, 2013 at 8:18 AM

@Dhika Iqbal Ok Terima kasih udah mau mampir gan.. :-)

July 25, 2013 at 9:08 PM

Klau pke trapi lilin, dlm sbulan trun brpa mnusnya ?

July 26, 2013 at 8:19 AM

@Meriaty Saing setiap orang beda2 gan, di coba aja,

July 29, 2013 at 6:20 PM

terimakasih gan buat infonya,.. ane tunggu kunbalnya... di
Agen bola
jngan lupa mampir gan,.. thank you :D

July 29, 2013 at 6:43 PM

makasih infonyaa. bermanfaat bgt :D
akan saya praktikkan :)

July 30, 2013 at 1:46 PM

@si dull makasih gan :-)

July 30, 2013 at 1:47 PM

@ddinadahniaa makasih gan :-), semoga sukses

July 30, 2013 at 3:34 PM

oiya gan, kl yg terapi lilin itu hrs di tmpt gelap ya? trs sbaiknya dilakukan kpn? apa sblm tidur?

July 31, 2013 at 9:56 AM

@ddinadahniaa Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya dalam keadaan gelap / malam hari

July 31, 2013 at 4:35 PM

makasih bnyk gan :D

August 1, 2013 at 4:48 PM

gan apakah ini sudah teruji..

August 2, 2013 at 10:18 AM

@Nia Handayani kalo teruji secara klinis sih blm gan, namanya juga cara alternatif, tapi gk ada salahnya dicoba gan, gratis dan tanpa efek samping, hehe...

August 2, 2013 at 5:12 PM

Daun sirihnya diapain? Cuman dicuci doang trus lgsung taro mata kah? Bukan pake air perasan daun sirih?

August 3, 2013 at 2:51 PM

cara lilin tuh, di liat fokus pd apinya ? hrus berlinang air mata ?

August 5, 2013 at 4:39 PM

Klo minusnya 6 ke atas bisa ga pake cara itu?

August 5, 2013 at 5:07 PM

@Naufal Pachilonk InsyaAllah gan...

August 5, 2013 at 5:07 PM

@Reza Ramadhana Yupz..

August 5, 2013 at 5:09 PM

@Edo Vrenson cukup di cuci aja gan, di pake pas tidur, jadi kayak masker mata gitu..

August 7, 2013 at 10:10 PM

gan kalo daun sirih setau saya pertama dicuci kedua direbus ketiga tunggu sampai dingin celupin ke mata airnya bukan daunnya kalo gak pake pembersih mata di apotik

August 11, 2013 at 2:04 AM

klw pke terapi lilin
lampu rummah di matin ga,

August 12, 2013 at 8:00 PM

terima kasih untuk info ny, saya akan mencoba terapi lilinya :)

August 14, 2013 at 12:51 PM

maaf saya orang malaysia . no.4 yang berkenaan daun sirih , lakkan itu apa maksudnya ?

August 16, 2013 at 8:09 PM

Thanks gan buat infonya

August 17, 2013 at 2:10 PM

terima kasih banyak untuk tipsnya !!!
Obat Herbal Penambah Hormon

August 20, 2013 at 8:05 AM

thanks infonya om
XD

August 21, 2013 at 9:38 AM

Perlu dicoba ;-)

August 22, 2013 at 2:13 PM

ya ampun! cara no.1 gak bener banget! itu bikin minus bertambah tahu! Hoax nih!

August 25, 2013 at 7:16 AM

@Apple Inc. kalo no 1 kurang berkenan, kan ada cara lain gan, hehe...

August 25, 2013 at 7:16 AM

@firda choirusinah semoga berhasil :)

August 25, 2013 at 7:16 AM

@Blue-RokieZ sama sama pak de :)

August 25, 2013 at 7:16 AM

@mukti sama sama gan :)

August 25, 2013 at 7:17 AM

@Muhammad Alwi sama sama gan :)

August 25, 2013 at 7:17 AM

@Eva Anggraini sama sama gan , semoga sukses :)

August 25, 2013 at 7:17 AM

@ary bonty dimatiin biar lebih efektif..

August 25, 2013 at 7:18 AM

@khatar malayki sundul gan, thanks infonya..

August 25, 2013 at 7:19 AM

@Eiyla Aqilah Zaidi maksudnya "lakukan", thanks koreksinya.. salam kenal..

August 27, 2013 at 4:17 PM

gan,pas terapi lilin mata ane kadang cuma sebelah yg keluar air mata ?
trz kdg matanya jd agak merah setelah terapi lilin ?
mohon solusi gan

August 28, 2013 at 6:50 AM

@Dendi Santoso keluar air mata adalah hal yang normal gan, saran ane kalo terapi lilin jangan terlalu tegang ga, dibawa rileks aja, trus harus tetap konsisten, artinya lebih baik 5 menit sehari tapi rutin daripada maksain 1 jam tapi habis itu bolong2 harinya

August 30, 2013 at 9:03 PM

itu tadi yg katanya mata di celupin ke rebusan air daun sirih pedih g sih?, pengen nyoba soalnya mata kiri ada lendiran/kotoran gitu, kira2 bisa ngebantu ngurangin juga g sih?, ada yg pernah nyoba?

September 1, 2013 at 8:31 PM

gmana kalo mata yg bila utk melihat jarak jauh buram dan melihat dekat jg buram,,apa itu termasuk mata minus,,,???

September 1, 2013 at 9:58 PM

maaf gan... apakah kacamata minus dapat menyembuhkan mata kita yang minus?

September 2, 2013 at 7:09 AM

@Riswan setau ane gan, kacamata hanya alat bantu, bukan untuk menyembuhkan..

September 2, 2013 at 7:11 AM

@evan stiven mata minus itu kalo ngeliat jauh buram tapi kalo deket jelas gan, kebalikan dari itu berarti mata plus gan,

September 2, 2013 at 7:13 AM

@kinyus kalo perih pasti gan, tapi menurut ane perih dikit gpp gan yang penting mata kita sembuh dan daun sirihkan alami gan jadi tanpa efek apapun

September 3, 2013 at 10:07 AM

Mata aku kanan minus 1.25 kiri 0.75
Pernah aku latih buat lihat kejauhan tanpa kacamata, selang beberapa waktu aku dapat melihat kejauhan lagi.akan tetapi setelah aku menggunakan pc dan hp. Mata aku kembali buram ketika melihat kejauhan,apalagi pada malam hari tambah buram.
Apakah ada solusi?
Aku tidak bisa lepas dari hp dan pc
Gol. Darah O
Umur 20
L

September 4, 2013 at 2:15 AM

Gan lilinnya yg di liat apinya/batangnya?

September 4, 2013 at 7:11 AM

@pipen liat apinya gan...

September 4, 2013 at 7:13 AM

@unknown kalo memang ketergantungan dengan alat elektronik, usahakan atur jarak pandang min 30cm dari layar hp/pc, kemudian untuk mengurangi radiasi pasang kaca anti radiasi untuk layar dan gunakan kacamata anti radiasi.

September 4, 2013 at 6:33 PM

Oke thanks dah,mau coba dulu


Do'ain ya,hehehe

September 5, 2013 at 7:23 AM

@pipen Aamiin... :)

September 6, 2013 at 1:41 PM

@Riza Pahlepi
iya sih agak perih, aku baru nyoba 3 hari tapi kok malah rada kabur yah. mengingat taun 08 tuh mata kanan minusnya 4 kalo kiri 1.50. karna kiri yg rada jelas jadi malah kabur gara2 ada kaya lendir gitu, pas nyoba sirih malah rada2kabur, iki piyeee :(((
btw katanya kalo pake bunga kintolo bisa juga y

September 6, 2013 at 3:13 PM

@Rusnania hmm.. emang cara pakainya gimana? kalo emang gk berhasil coba pake terapi lilin,

September 6, 2013 at 7:26 PM

Kira2 brp hari mulai berasa efeknya?

September 7, 2013 at 7:03 AM

@pipen lakukan rutin selama 2 minggu gan, coba rasakan hasilnya

September 8, 2013 at 10:29 AM

Izin Copaz Gan,,, :D

September 8, 2013 at 11:14 AM

@Soehendra IX-D monggo gan, semoga bermanfaat... :)

September 8, 2013 at 6:32 PM

gan itu g boleh berkedip kah?

September 9, 2013 at 6:33 AM
September 13, 2013 at 8:42 AM

@Riza Pahlepicara makenya kan daun sirih d cuci bersih trus drebus, abis airnya dingin ditaroh di alat rendam mata (cepuk mata)abistu celupkan mata ke cepuk, gitu kan caranya, emang sih blom nyoba terapi lilin, ntar deh dicoba

September 13, 2013 at 9:57 AM

@Rusnania bukan gan, jadi daun sirih cukup dibersihkan trus remes dikit trus di tempelkan di kelopak mata waktu kita tidur, mirip kalo kita pake masker mentimum/tomat

September 16, 2013 at 5:49 PM

Gan,aku pas abis terapi lilin pertama kok malah tamba jelek ya penglihatannya?

September 17, 2013 at 7:05 AM

@pipen boleh tau gimana cara agan terapi lilinya?

September 17, 2013 at 10:36 AM

jarak antara lilin sama mata kita brp mas bro??

September 18, 2013 at 7:04 AM

@Anggun Dewi Monalisa +/- 1-2 meter sist

September 24, 2013 at 8:03 PM

itu klo kita trapi pkai daun sirih mata di buka/di tutup gan ?

September 25, 2013 at 7:15 AM

@fajar sukma kurniawan ditutup gan..

September 27, 2013 at 3:01 PM

Terimakasih Infonya Bermanfaat ...

October 1, 2013 at 10:49 AM

Thanks banget infonya gan, akan saya coba nanti

October 3, 2013 at 9:04 AM

@CPNS 2013 sama sama gan :)

October 3, 2013 at 9:05 AM

@hollosys sama sama gan :)

October 3, 2013 at 9:05 AM

@Pondokibu.com sama sama gan :)

Anggiet D'mith
October 3, 2013 at 9:21 AM

bener gak mas nii tuh..???
kalau bener aku coz mw pesen...
dan cara nya itu tp bner gak mas..???

October 3, 2013 at 10:06 AM

@Anggiet D'mith yang itu yang mana? tolong di perjelas pertanyaannya..

October 9, 2013 at 12:57 AM

trimakasih ya infonya
semoga bisa gurangi mata merahku

eiffel tas remaja

October 9, 2013 at 9:07 AM

@lazuardy iza Amin.. sama2, semoga lekas sembuh

Anonymous
October 11, 2013 at 11:34 PM

begini gan. aku ini mataku bukan (+) bukan juga ( -) tapi kabur gitulah. apa bisa juga ya pake tarapi seperti diatas

October 12, 2013 at 10:06 AM

@Anonymous coba terapi lilin aja gan,

October 14, 2013 at 12:20 PM

Mata minus saya 5 lebih dua duanya
Pa bisa paket trik ini?
Umur 13 L gol darah O

October 15, 2013 at 10:43 AM

@Fikri Effendi dicoba aja gan, mudah2an bisa membantu..

Anonymous
October 16, 2013 at 11:36 PM

thanks atas info nya...
akan ku coba :)

October 20, 2013 at 8:55 AM

semoga bermanfaat infonya dan bisa di laksakan tips-tipsnya

October 21, 2013 at 9:00 AM

@Anonymous semoga berhasil :)

October 21, 2013 at 9:00 AM

@obat-mata terima kasih doanya :)

October 21, 2013 at 10:32 AM

Orang yang suka sakit kepala pada bagian depan dan sudah berlangsung lama, terutama kalo habis melihat yang jauh-jauh, bisa jadi mata minus

October 21, 2013 at 10:35 AM

@JogjaBlog wah Thanks gan Infonya.. :)

October 30, 2013 at 6:47 PM

Pakenya lilin ap?lilin biasa?
tolong bales ya gan.

October 31, 2013 at 1:31 PM

@Tunggal Budiyono lilin biasa gan, semoga lekas sembuh :)

November 8, 2013 at 8:30 AM

Kebetulan saudara saya ada yang mata minus, thanks artikelnya..

November 9, 2013 at 7:16 AM

@Makna Sehat sama2 gan :)

wingky
November 10, 2013 at 3:34 PM

kira kira berapa menit menatap lilin

Anonymous
November 10, 2013 at 5:39 PM

berapa harganya

November 11, 2013 at 6:53 AM

@wingky soal waktu terserah agan, yang penting teratur, misalnya 30 menit setiap hari

November 11, 2013 at 6:53 AM

@Anonymous langsung sms aja ke no di atas

November 12, 2013 at 9:32 AM

jadi setiap hari kita disarankan untuk lebih baik pake kacamata atau ga ?

November 12, 2013 at 11:53 AM

@Navi Asha jika memang masih bisa dilihat tanpa menggunakan kacamata, kalo bisa jangan terlalu sering memakai kacamata,

November 14, 2013 at 9:54 PM

wah makasih,,,, lngsung saya coba terapi lilinnya,,, berhasil juga smp keluar air mata....
itu di lkukan sehari brapa kali???
tlong cpet di bls ya,,,,
makaasiihh,,, bngettt

risha
November 17, 2013 at 3:07 PM

@aminah alkaffsaya kok g kLuar air mata y pas trapi lilin? gmN cArax biar ad air mata? thx

risha
November 17, 2013 at 3:14 PM

saya kok g kLuar air mata y pas trapi lilin? gmN cArax biar ad air mata? thx

santi
November 17, 2013 at 3:21 PM

sy jg br gnti kacamata krn minusx tmbh tp pas dpke kok benda2 yg dilihat malah nampak cembung kenapa bs spt itu? thx

November 18, 2013 at 7:17 AM

@aminah alkaff air mata berguna untuk membersihkan mata kita dari kotoran, jika memang ingin rutin dilakukan 1 hari sekali sudah cukup, yang penting rutin.

semoge sukses :)

November 18, 2013 at 7:17 AM

@risha usahakan fokus dan jangan sering berkedip

November 18, 2013 at 7:18 AM

@santi mungkin ukuran kacamata minus yang digunakan salah,

risha
November 19, 2013 at 4:38 PM

@Riza Pahlepi Terapix dilakukan berdiri atau duduk? Dlm 1 bln minusx bs berkurang berapa? Thx

November 20, 2013 at 6:52 AM

@risha lebih baik duduk, untuk hasil setiap orang bervariasi, insyaAllah dalam 2 minggu sudah ada perubahan yang terasa

Anonymous
November 21, 2013 at 8:32 AM

@Riza Pahlepi Kedudukan mata apakah harus sejajar dg api lilin? Ataukah terserah yg penting mata menatap apix? Trims

November 21, 2013 at 10:59 AM

@Anonymous usahakan sejajar atau paling tidak buat diri anda senyaman mungkin

November 21, 2013 at 9:53 PM

mata saya min 1,5 apa bisa di sembuhkan dengan obat itu

November 22, 2013 at 6:58 AM

@rizkimurdiansyah hubungi no di atas aja gan

December 3, 2013 at 8:59 PM

mksh sngt bermanfaat,akan saya coba:)

December 4, 2013 at 7:04 AM

@Afi masyta semoga berhasil gan :)

December 20, 2013 at 3:03 PM

masih ragu gan
krn klu memadang lilin terus"an bukannya semakin rabun ya?

December 21, 2013 at 8:50 AM

@Nur Eko di coba dulu aja gan,:)

December 24, 2013 at 3:49 PM

lama gak gan prosesnya?

December 26, 2013 at 9:20 AM

@yusuf prakas coba min 2 minggu gan

December 29, 2013 at 5:00 PM

Gan mata saya sebelah kanan min 1½ kiri ½, apakah masih bisa disembuhkan??

January 6, 2014 at 7:46 AM

@aldi afrialdi bisa gan, yang penting rutin terapinya

January 11, 2014 at 12:04 PM

saya pernah pake ot#m itu gan, pertama pake rasanya perih banget. namun sampai skarang blm ada prubahan gan.

January 12, 2014 at 1:16 PM

terima kasih atas inormasinya. web ini sangat berkualitas sekali dan berguna untuk saya. jika berkenan silahkan kunjungi web saya :http://naturallyplusampuh.com

January 12, 2014 at 4:46 PM

thx gan,info nya berguna banget

January 13, 2014 at 6:58 AM

@muhammad alief sama2 gan :)

January 13, 2014 at 6:58 AM

@naturallyplusampuh sama2 gan :)

January 13, 2014 at 7:00 AM

@singgihmcr mungkin efek utuk setiap orang beda2 gan

January 16, 2014 at 9:20 PM

thanks ya infonya !!!

www.bisnistiket.co.id

January 17, 2014 at 7:03 AM

@kingkong sama2 gan :)

January 17, 2014 at 8:14 PM

sip gan.......artikelnya..
jangan lupa mampir juga ke

http://obatminus.blogspot.com/

January 18, 2014 at 7:18 AM

@M. Abdurrohman sama2 gan :)

January 22, 2014 at 4:06 PM

kalau ada obat tradisional laiinnya dikasi tahu juga kawan biar kita bisa praktek

January 22, 2014 at 4:36 PM

@CaraGamer sip gan :)

January 27, 2014 at 2:13 PM

brmanfaat skali infonya.....

January 28, 2014 at 7:07 AM

@ace max Terima kasih gan :)

January 31, 2014 at 7:33 PM

Terima Kasih Gan Info nya Sangat Bermanfaat

February 3, 2014 at 11:14 AM

@Hafiizh Harichigo sama2 gan :)

Anonymous
February 5, 2014 at 11:23 AM

gan klo terapi lilin di ganti zippo, atau korek gas bisa ga?

February 5, 2014 at 6:27 PM

yg daun sirih itu biar jak di pnya bentuk daun kah ada mo buat apax2 lagi?contoh mo cuci kah mo tumbukx2 smpai hncr atau begitu sja?

February 5, 2014 at 9:20 PM

@shinichi kudo cukup diremas sedikit gan

February 5, 2014 at 9:21 PM

@Anonymous gak bisa gan, kenapa memakai lilin, karena api lilin bisa untuk terapi, bukan seperti api biasa

Anonymous
February 21, 2014 at 4:46 PM

mkasih atas informasi nya yessssssssssss

jessicha

February 25, 2014 at 9:11 AM

@Anonymous terimakasih gan :)

February 28, 2014 at 5:40 PM

minus mata memang bisa diturunkan hingga maksimal. silahkan hubungi nomor diatas untuk pemesanan. apabila anda tertarik dengan obat mata minus no1.d india untuk menurunkan minus mata maka silahkan ke www.duniaobatindia.com

March 5, 2014 at 12:23 AM

hai admin,, yang obat THM saya telah memilikinya tapi saya hanya menggunakan nya ketika saya lama 22 di depan monitor,,seperti sekarang seharian depan monitor tapi saya baru menggunakan satu kali tetes saya,, bagaimana menurut admin ttg ini,, dan terima kasih atas tanggapannya admin

March 5, 2014 at 12:38 AM

oea mas,,prinsip terapi lilin ini apa ya mas? kalau terapi lilinnya untuk mengeluarkan efek air mata,, hmm mungkin ingat22 yg sedih22 bisa keluar juga tuh mas air matanya,,

Post a Comment

 
Copyright © 2013. TanpaSpasi.com - "Sendiri Tapi Berkarya, Asing Tapi Memberi" (Abdullah bin Umar)